Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Marketing

HAI HAI!

Wah selamat malam pembaca, terimakasih loh telah berkunjung ke blog saya untuk menyimak sederet tulisan sederhana yang moga-moga bisa membantu teman-teman yang berkuliah dijurusan bisnis, pemasaran, atau mungkin yang sedang tertarik-tertariknya nih berkecimpung di dunia marketing dan mencoba peruntungan sebagai seorang marketer.

Sebagai post pertama di blog ini, ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih marketing itu?

Yak pasti sudah banyak yang tau ya, langsung aja nih checkitout!


Pengertian Marketing

Marketing, mungkin sebagian dari kamu ketika membaca maupun mendengar kata ini langsung terbersit pikiran bahwa Marketing itu adalah sales atau yang kini lebih ngetren dengan SPG dan SPB yang sering kamu lihat dimanapun menawarkan produk barang maupun pun jasa dari berbagai macam perusahaan.

Ketika melihat mereka mulai mendekati kamu, sebagian dari kamu pasti berusaha menjauh seperti membangun sebuah tembok besar untuk melindungi diri kamu dan siap menolak apapun yang akan mereka katakan. Wah, itukah yang kamu pikirkan tentang Marketing? Padahal sebenarnya tugas marketing tidak sesempit itu dan sangat penting loh. 

Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Awalnya orang-orang zaman dulu hanya berpikiran untuk makan, berpakaian dan bertempat tinggal. Lalu mereka berpikir bagaimana caranya mendapatkan makanan enak, pakaian yang keren dan rumah yang mewah. Itu adalah kebutuhan yang kemudian berkembang menjadi keinginan. Nah, keinginan inilah yang tiada batasnya. Inilah yang di pahami oleh seorang marketer.

Lalu siapakah yang dimaksud dengan Marketer itu?

Yap, mereka adalah orang-orang jenius yang merencanakan segalanya. Merekalah yang merencanakan proses pemasaran, menentukan target pasarnya, menyusun berbagai macam strategi, melihat peluang dan memanfaatkan segala media yang ada disekitarnya untuk meraup konsumen. Tentunya hanya orang yang up to date lah yang mampu memanfaatkan media-media ini.

Marketer adalah ujung tombak yang menentukan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan ataukah kemunduran. Hal ini dikarenakan bagian marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar.

Marketer adalah connector atau penghubung, yang mempertemukan konsumen dengan barang atau jasa yang diinginkannya. Banyak orang kesulitan menemukan produk yang baik atau yang sesuai dengan kebutuhannya ditengah maraknya merek yang serupa dalam satu jenis produk. Disinilah peran marketing mempertemukan mereka (produk dan konsumen). Marketing yang baik harus menjelaskan dengan gamblang tak hanya kelebihan produk, tapi juga kekurangannya. Tentunya dengan bahasa yang santai dan tetap diterima konsumen.

Banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan akan menentukan banyaknya jumlah pemasukan bagi perusahaan. Semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.

Meskipun sedemikian penting perannya dalam suatu perusahaan, bidang marketing tidak dapat berdiri sendiri. Peran penting marketing ini tentu juga harus didukung dengan bagian-bagian lainnya, seperti bagian produksi, sumber daya manusia, pembelian dan keuangan terutama.
Jadi marilah membuka diri dan tidak under estimate terhadap peran marketing.
Sekian ^_^

Post a Comment for "Pengertian Marketing"