Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Konsep Strategi Pemasaran



Jelaskan konsep strategi pemasaran – Pertanyaan seputar strategi pemasaran merupakan hal yang muncul dalam benak pelaku usaha, terutama yang baru ingin memulai bisnisnya.

Bagaimana langkah awal dalam memulai usahanya? Atau strategi bauran promosi apa yang seharusnya ia ambil demi memasarkan produknya tersebut.

Namun apa sebenarnya konsep strategi pemasaran itu? Sobat, untuk memahami lebih lanjut silahkan simak artikel berikut ini.


Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan gabungan dari segala elemen perencanaan pada bidang pemasaran, yang berfungsi untuk memandu berjalannya suatu kegiatan pemasaran hingga tercapainya tujuan perusahaan.

Strategi pemasaran mencakup antara lain aktivitas promosi, advertising, selling, perencanaan produk serta saluran distribusi.

Selain itu strategi pemasaran termasuk juga menganalisis konsumen target untuk mencari tau tren pasar serta ekspektasi pasar, sehingga akan memperoleh produk dan jenis promosi yang sesuai dengan pasar tersebut.


Konsep Strategi Pemasaran

Terdapat setidaknya 5 konsep strategi pemasaran, antara lain :

Segmentasi Pasar

Strategi yang perusahaan lakukan guna mengelompokkan konsumen kedalam beberapa kriteria kita sebut dengan istilah segmentasi pasar.

Karena setiap konsumen memiliki latar belakang serta ciri yang berbeda-beda, sehingga perusahaan perlu menggolongkan konsumennya menjadi beberapa kelompok guna berfokus pada penciptaan produk serta promosi yang tepat. 

Market Positioning

Perusahaan perlu meletakkan posisi pasarnya pada suatu segmentasi. Karena perusahaan tidak akan mampu menjadi pemenang dari seluruh pasar yang ada. Perusahaan perlu mencari satu segmentasi lalu berada pada posisi atas dari segmentasi pasar tersebut.

Memasuki Pasar

Strategi memasuki pasar (market entry strategy) dapat perusahaan lakukan dengan cara pengembangan perusahaan secara mandiri, bekerjasama dengan perusahaan lain, maupun mengambil alih perusahaan lain.

Contoh konsep strategi pemasaran yang dekat pada kita saat ini ialah pada pasar kosmetik yang membayar sejumlah selebritis untuk melakukan endorsment.

Banyaknya endorsnment yang kita lihat saat ini mengisyaratkan tingginya persaingan pada pasr kosmetik, sehingga setiap brand termotivasi dalam memenangkan pasarnya masing-masing.

Bauran Pemasaran

Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan gabungan dari beberapa elemen pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, participant, process, people physical evidence. Yang mana fungsinya adalah untuk memengaruhi pikiran konsumen terhadap produk.

Pemilihan Waktu

Timing strategy merupakan poin yang sangat penting dalam melakukan kegiatan pemnasaran. Karena perusahaan membutuhkan waktu yang tepat untuk memperkenalkan serta melakukan distribusi produk kepada konsumen. 

Pemilihan waktu yang burukj akan beresiko produk tidak mendapat tanggapan yang baik dari konsumen target.


Fungsi Strategi Pemasaran

Terdapat beberapa fungsi strategi pemasaran, antara lain :

Memotivasi Perkembangan Pasar

Pemasaran yang perusahaan lakukan, secara tidak langsung menciptakan persaingan pasar. Karena semua pelaku usaha berlomba-lomba menjadi yang terbaik pada pasarnya.

Sehingga menciptakan suatu motivasi untuk berkembangnya suatu pasar. Konsumen pun akan memiliki banyak pilihan dan pertimbangan dalam memutuskan akan membeli produk yang mana.

Selain itu, strategi pemasaran mampu menciptakan rasa ‘ingin memiliki’ dari sang konsumen terhadap suatu produk, meskipun sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Tim yang Terkoordinir

Strategi pemasaran merupakan alat pemandu bagi perjalan pemasaran dari suatu perusahaan. Tanpa strategi pemasaran, tim pemasaran yang ada pada suatu perusahaan akan kehilangan arah karena tidak adanya koordinasi dan petunjuk yang jelas.

Menyamakan Persepsi

Dengan membuat suatu strategi pemasaran, maka pihak manajemen telah menyamakan persepsi mereka untuk satu tujuan. Yaitu terciptanya profit perusahaan.

Pengawasan

Suatu pemasaran yang baik harus berada dalam pengawasan yang disiplin. Karena meskipun telah mengatur sejumlah rencana, banyak faktor-faktor yang mungkin bermunculan pada lapangan yang tidak pernah terprediksi sebelumnya sehingga mengganggu jalannya proses pemasaran.

Dengan menciptakan strategi pemasaran, pihak manajemen haruslah memiliki langkah antisipasi terhadap hal yang mungkin akan terjadi pada masa yang akan datang. Kemudian memastikan proses pemasaran kembali berjalan sesuai jalurnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pertanyaan : jelaskan konsep strategi pemasaran beserta fungsinya. Semoga sobat dapat lebih memahami materi tesebut dan sampai jumpa pada kesempatan lainnya.

Post a Comment for "Jelaskan Konsep Strategi Pemasaran"