Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Produk, Aspek, Klasifikasi dan Tipe Produk

HAI HAI!
Selamat sore sobat kampus. Ini kebetulan banget habis UAS terakhir mata kuliah S1 Manajemen Pemasaran dan tadi dalam mata kuliah "Manajemen Produk dan Harga" ada pertanyaan. Jelaskan pengertian produk.
Beberapa orang sempat terbengong-bengong karena tidak menyangka pertanyaan itu yang keluar. "Ngerti sih apa itu produk tapi ragu-ragu ngejelasinnya", kata teman saya. Waduh ternyata hal yang paling penting dan sangat mudah seperti itu bisa luput dari perhatian kita ya.
Untuk itu daripada kamu malu nggak tau pengertian produk, langsung saja simak artikel ini!

Pengertian Produk
Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat Pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun yang diproduksi ("anything produced"). Namun sejak 1695, definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ("thing or things produced"). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan pertama kali oleh ekonom-politisi Adam Smith.
Dalam penggunaan yang lebih luas, produk dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama, sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan jasa. (sumber: wikipedia)

Aspek produk

Ada tiga aspek produk :
  • Bertujuan pada manfaat
    • Manfaat penggunaan
    • Manfaat psikologis
    • Manfaat dalam mengatasi masalah
  • Visualisasi produk
    • Atribut dan keistimewaan produk
    • Kualitas produk
    • Corak produk
    • Kemasan dan label produk
    • Merk
  • Menambah nilai produk
    • Garansi
    • Kemudahan Instalasi
    • Pengiriman
    • Ketersediaan di pasar
    • Layanan purna jual

Klasifikasi Produk

Manajemen produk meliputi pengembangan taktik dan strategi untuk meningkatkan permintaan pasar melalui siklus hidup produk.
Salah satu teknik yang cukup bagus untuk memahami produk adalah Aspinwall Classification System. Yang mengelompokkan produk menggunakan lima variabel penilaian :
  • Replacement rate – Seberapa sering produk tersebut dipesan ulang oleh pengecer
  • Gross margin – Berapa besar rata-rata keuntungan yang dihasilkan oleh tiap produk
  • Buyer goal adjustment – Seberapa besar rentang segmen konsumen yang bisa dicapai
  • Duration of product satisfaction – Seberapa lama produk tersebut bermanfaat bagi pembeli
  • Duration of buyer search behaviour – Berapa lama konsumen tetap mencari dan membeli produk

Tipe produk

Berikut ini beberapa tipe produk :
  • Consumer products
  • Industrial products
  • Convenience goods
  • Impulse goods
  • Emergency goods
  • Shopping goods
  • Specialty goods
  • Unsought goods
  • Perishable goods
  • Durable goods
  • Non-durable/consumption/consumable goods
  • Capital goods
  • Parts and materials
  • Supplies and services
  • Commodities
  • By-products (sumber: manajemenproduk)


Sekian ^_^

Post a Comment for "Pengertian Produk, Aspek, Klasifikasi dan Tipe Produk"