Sobat Edu | Sebutkan Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Bauran Promosi Menurut Stanton
Sebutkan faktor yang dapat mempengaruhi bauran promosi menurut Stanton – Dalam memperkenalkan suatu produk kepada khalayak ramai diperlukan adanya promosi pemasaran.
Promosi tersebut dapat perusahaan pilih sesuai dengan faktor-fakor yang mempengaruhinya. Misalnya ada perusahaan yang menggunakan media cetak untuk menampilkan iklan dari produknya.
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi bauran promosi? Sobat, untuk memahaminya silahkan simak penjelasan berikut ini.
Pengertian Promosi
Promosi menurut William J. Stanton ialah elemen yang ada dalam marketing mix suatu bisnis yang mana berfungsi untuk menyampaikan, memperkenalkan, mengajak serta mengingatkan kembali konsumen akan produk yang mereka tawarkan.
Secara esensi promosi merupakan wujud dari komunikasi marketing. Dalam ilmu pemasaran, komunikasi merupakan kegiatan pemasaran yng perusahaan lakukan guna mengumumkan suatu produk ke khalayak ramai.
Selain itu juga berfungsi untuk merayu konsumen targetnya, dan mengingatkan kembali mengenai produk yang perusahaan tawarkan.
Fungsinya ialah agar konsumen mau menyambut produk terseut serta melakukan pembelian, kemudian setia kepada produk tersebut.
Promotional Mix (Bauran Promosi)
Bauran promosi ialah gabungan dari sejumlah strategi pemasaran yang perusahaan buat guna mencapai target penjualan.
Ada beberapa elemen dalam bauran promosi, antara lain :
Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Sales Promotion merupakan promosi yang perusahaan lakukan dan sifatnya sementara, yang tujannya adalah untuk meningkatkan minat konsumen dalam melakukan pembelian produk.
Contohnya seperti potongan harga, buy 1 get 1 free, kupon, sampel gratis dan lain sebagainya.
Periklanan (Advertising)
Advertising atau periklanan merupakan suatu jenis promosi dengan cara menampilkan produk baik dalam bentuk gambar, tulisan, audio, visual maupun kombinasinya.
Periklanan berjalan dengan menampilkan informasi tentang produk seperti bentuk, harga ataupun kelebihannya. Tujuannya tak lain adalah memikat hati dari konsumen target.
Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Direct marketing merupakan langkah pemasaran dengan melibatkan media yang terhubung langsung kepada konsumen secara personal. Misalnya melakukan penawaran dengan mengirimkan email atau melalui media telfon.
Faktor Bauran Promosi Menurut Stanton
Menurut Stanton ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap bauran promosi, yaitu :
The Amount of Money Available For Promotion
Intinya bauran promosi sangat bergantung kepada ‘budget untuk melakukan promosi’. Berapa nominal yang perusahaan miliki tentu berimbas kepada kualitas promosi suatu produk. Semakin tinggi budget yang mereka miliki, maka akan semakin besar pelung untuk menciptakan promosi yang baik.
The Nature of The Market
Kondisi alami pasar, ialah faktor lingkungan secara geografis pada daerah tempat perusahaan melakukan pemasaran. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat kelancaran sutu promosi.
The Nature of Product
Kondisi produk dalam hal ini ialah jenis produk seperti apa yang perusahaan jual. Apakah produk industrial yang dijual ke pabrik-pabrik, ataukah kepada konsumen pengguna akhir (end user)?
Jika kepada pabrik, maka promosi harus perusahaan lakukan secara personal. Yaitu menawarkan secara langsung terhadap pelaku industrial tersebut. Karena biasanya akan terjalin kontrak atau kerjasama jangka panjang pada transaksi produk industri.
Sementara jika target konsumen adalah end user, maka promosi yang perusahaan lakukan dapat berbentuk iklan atau media lain yang sifatnya menyebar luaskan.
The Stage of The Product’s Life Cycle
Fase siklus kehidupan produk. Yaitu pada tahap mana produk ini berada dalam pasarnya. Apakah produk baru atau produk yang sudah masyarakat kenali. Karena perbedaan ini membutuhkan teknik promosi yang berbeda pula.
Demikianlah pembahasan mengenai pertanyaan : sebutkan faktor yang dapat mempengaruhi bauran promosi menurut Stanton beserta penjelasan promotional mix. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya.
Post a Comment for "Sobat Edu | Sebutkan Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Bauran Promosi Menurut Stanton"