Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan Alat-Alat yang Digunakan Dalam Kegiatan Sales Promotion



Tuliskan alat-alat yang digunakan dalam kegiatan sales promotion – Sales promotion merupakan satu dari sekian jenis strategi pemasaran.

Berbeda dengan slow skimming strategy yang menetapkan harga tinggi pada produk, sales promotion justru banyak memberikan penawaran yang menyenangkan bagi konsumen.

Seperti apakah sales promotion itu? Sobat, untuk lebih memahami mengenai sales promotion serta alat-alat dalam melaksanakan sales promotion simaklah artikel berikut ini.


Pengertian Sales Promotion

Sales promotion merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang berfungsi untuk memicu terjadinya pembelian, dengan memanfaatkan penggunaan alat peraga, demonstrasi, pameran dan lainnya.

Promosi penjualan atau sales promotion bersifat luwes, karena jenis dari promosi yang pebisnis lakukan dalam sales promotion dapat menyesuaikan dengan jumlah budget yang mereka miliki.

Adapun tujuan dari sales promotion adalah salah satunya untuk menaikkan kesadaran produk atau brand awareness, sehingga konsumen menyadari bahwa produk tersebut ‘ada’ disekitarnya dan bisa ia dapatkan.

Selain itu fungsi dari sales promotion juga untuk meningkatkan loyalitas konsumen serta mengalahkan kompetitor.


Alat-alat Sales Promotion

Terdapat beberapa alat yang digunakan dalam sales promotion antara lain :

Pameran Dagang

Suatu pameran dagang atau yang sering menggunakan istilah ‘Expo’, merupakan suatu event yang perusahaan adakan dalam menampilkan produknya, biasanya beserta dengan demonstrasi cara pemakaian produk tersebut atau hanya berupa pajangan-pajangan saja.

Kontes

Suatu perusahaan mengadakan suatu perlombaan atau kontes yang melibatkan pembeli, sehingga menarik perhatian dari calon pembeli lainnya.

Pada kontes tersebut umumnya menyebutkan atau memperkenalkan produk yang mereka tawarkan dengan menyisipkan slogan ataupun gambar produk pada sekitar lokasi kontes tersebut.

Suatu brand pada umumnya akan menampilkan produknya pada suatu kontes dengan cara menjadi sponsorship event tersebut.

Free Sample

Sampel gratis atau free sampel merupakan alat lainnya dari promosi penjualan. Free sampel merupakan produk yang penjual bagikan secara gratis kepada para konsumen target, guna menunjukkan kualitas produk tersebut agar konsumen melakukan pembelian.

Discount

Potongan harga atau diskon merupakan strategi sales promotion dalam menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian, dengan cara mengurangi harga dari harga yang semestinya. Biasanya diskon berlaku dalam batas waktu tertentu.

Voucher

Kupon atau voucher berbentuk secarik kertas yang memberikan hak kepada pemiliknya untuk mendapatkan keuntungan dari suatu tempat usaha.

Contohnya voucher makan gratis pada sebuah restoran, atau voucher belanja baju diskon 50% pada sebuah butik.

Keuntungan yang tertulis dalam voucher tersebut dapat berlaku hanya pada pemegang voucher saja dan langsung ditukarkan saat itu juga.

Biasanya voucher perusahaan berikan melalui suatu event atau promosi melalui media sosial. Jadi pemenangnya berhak mendapat voucher tersebut.

Undian

Strategi melakukan undian adalah dengan mengikut sertakan sejumlah konsumen, kemudian memilih pemenangnya secara acak. 

Strategi yang sering perusahaan lakukan ialah, konsumen harus membeli suatu produk, kemudian menemukan sejumlah nomor dari produk tersebut. Apabila nomornya terpilih maka ia akan ditetapkan sebagai pemenang.

Giveaway

Sales promotion yang paling sering menggunakan strategi ini adalah menggunakan publikasi media sosial. Giveaway adalah strategi dengan memberikan hadiah kepada sejumlah pemenang dengan syarat-syarat tertentu. 

Misalkan para peserta harus memfollow akun dari suatu brand, kemudian menuliskan komentar mengenai kelebihan brand itu dan menandai beberapa teman pada laman media sosial dari brand tersebut.

Beli 1 Gratis 1

Buy one get one free merupakan promosi yang sudah lama kita kenali, dan bisa kita katakan merupakan strategi kuno.

Namun buy one get one free merupakan alat sales promotion yang sangat worth it dan patut untuk kita coba, karena tingkat keberhasilannya yang sangat tinggi. Terutama pada konsumen Indonesia yang sangat menyenangi produk gratis.

Money Return Over

Jaminan uang kembali atau money return over merupakan strategi yang sering para penjual gunakan untuk meyakinkan konsumennya agar tidak takut membeli produk mereka, karena jika produk tidak sesuai maka konsumen dapat memperoleh kembali uangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pertanyaan :  tuliskan alat-alat yang digunakan dalam kegiatan sales promotion beserta penjelasannya. Semoga sobat dapat lebih memahaminya dan sampai jumpa.

Post a Comment for "Tuliskan Alat-Alat yang Digunakan Dalam Kegiatan Sales Promotion "