Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut yang Bukan Merupakan Elemen Pokok dari Marketing Mix adalah


A. Promosi

B. Produk

C. Evaluasi

D. Harga

E. Lokasi

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah C. Evaluasi

Karena evaluasi bukan merupakan elemen dari marketing mix. Sobat, untuk dapat memahami pertanyaan tersebut simaklah artikel berikut ini.


Pengertian Marketing Mix

Marketing mix atau yang kita kenal juga dengan bauran pemasaran merupakan serangkaian atau sekumpulan variabel pemasaran, yang perusahaan gunakan dalam mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu berorientasi kepada keberhasilan tingkat penjualan.

Pada marketing mix perusahaan memanfaatkan semua elemen pemasaran yang mereka miliki, guna mencapai tingkat penjualan yang efektif dan efisien serta menghasilkan laba yang sebesar-besarnya.


4 Elemen Utama Marketing Mix

Terdapat empat elemen pokok dalam bauran pemasaran, antara lain:

Produk (Product)

Produk merupakan suatu hasil ciptaan yang perusahaan buat karena adanya permintaan pasar, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Produk merupakan pemeran utama dalam suatu transaksi jual beli. 

Suatu produk haruslah memiliki nilai manfaat serta value yang memenuhi ekspektasi konsumen.

Sebagai elemen pokok dari marketing mix atau bauran pemasaran, hal-hal yang menjadi pertimbangan dari suatu produk antara lain ialah packaging, label produk, desain produk, varian, lini produk, garansi, produk life cycle dan lain sebagainya.

Harga (Price)

Harga dalam transaksi jual beli mengarah kepada sejumlah uang yang konsumen korbankan untuk memperoleh suatu produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Dalam melakukan penetapan harga, manajemen harus mempertimbangkan profit yang akan perusahaan peroleh.

Apakah produk dengan harga sekian akan mendatangkan suatu profit kepada perusahaan atau tidak.

Selain mempertimbangkan laba bagi perusahaan, menetapkan suatu harga haruslah masuk akal dari sudut pandang konsumen. Dalam arti kata harga tersebut harus sesuai dengan nilai produk yang akan mereka dapatkan.

Dalam bauran pemasaran atau marketing mix, harga merujuk kepada strategi penetapan harga, nilai harga, metode pembayaran, harga promosi dan lain sebagainya.

Lokasi (Place)

Penetapan lokasi memiliki peranan yang sangat besar dalam kemajuan suatu usaha. Karena lokasi merupakan salah satu akses yang mempertemukan produk dan konsumen.

Lokasi yang strategis seperti pada pusat keramaian, akan menciptakan peluang yang lebih besar dalam mempengaruhi tingkat ketercapaian penjualan produk.

Promosi  (Promotion)

Aktivitas promosi merupakan tugas utama dari seorang pemasar. Promosi merupakan segala jenis kegiatan pemasaran yang berfungsi untuk mempengaruhi tingkat penjualan.

Dalam bauran pemasaran, promosi membahas mengenai saluran distribusi, strategi promosi, aktivitas public relation dan lain sebagainya.


3 Elemen Tambahan dalam Marketing Mix

Selain dari ke empat elemen utama pada poin sebelumnya, seiring perkembangan zaman terdapat tambahan tiga elemen pada marketing mix, sehingga jumlahnya menjadi 7. Tiga elemen tambahan itu antara lain :

Manusia (People)

People ataupun manusia merupakan subjek dari aktivitas pemasaran, dalam arti kata manusia merupakan pelaku dari tiap-tiap proses pemasaran tersebut.

Dalam bauran pemasaran atau marketing mix, hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan mengenai people antara lain seragam, proses perekrutan, job description dan lain sebagainya.

Proses (Process)

Process atau proses pemasaran merupakan sejumlah tahapan-tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran yang berjalan secara sistematis atau berurutan.

Pembahasan mengenai proses dalam marketing mix antara lain mengenai standar proses, desain proses, pemantauan, pengarahan dan lain sebagainya

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Elemen terakhir yang tergabung dalam marketing mix adalah bukti fisik atau physical evidence. Physical evidence merupakan keadaan fisik dari terjadinya suatu proses pelayanan.

Bukti fisik ini merujuk kepada sarana dan prasarana dalam suatu lokasi pemasaran berlangsung.

Bukti fisik dalam marketing mix membahas mengenai petunjuk lokasi, layout fasilitas dan lain sebagainya tergantung dengan apa yang tersedia pada lokasi fisiknya.

Jadi jawaban dari pertanyaan : berikut yang merupakan elemen pokok dari marketing mix adalah C. Evaluasi. Semoga sobat dapat lebih memahami penjelasan atas pertanyaan tersebut, sekian terima kasih.

Post a Comment for "Berikut yang Bukan Merupakan Elemen Pokok dari Marketing Mix adalah "