Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses

HAI HAI!

Jumpa lagi kali ini, membahas tentang Strategi Marketing dan Promosi Sukses.

Hmm, apa gunanya ya kita berkecimpung di suatu bidang jika tidak berniat untuk sukses dan memuaskan? Dan bagaimana ya caranya sukses dengan sekian banyaknya persaingan yang kini terjadi di lapangan? 

Setiap hari ada saja ide-ide baru dari para marketer dalam mempromosikan produk mereka. Disinilah persaingan terjadi. Namun jika strategi promosi dan marketing sudah kita lakukan dengan tepat, maka pesan dari promosi tersebut akan dapat sampai ke konsumen dengan baik, yakni agar konsumen tertarik membeli produk kita dan menyadari bahwa produk kita ini berbeda dari yang lain.

Berikut adalah 9 hal penting untuk membuat strategi marketing dan promosi yang luar biasa:

1.  Tarik Perhatiannya
Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering. Singkatnya produk terkenal adalah yang paling diburu. Ketika ada permintaan akan produk, setengah dari pekerjaan pemasaran kamu berhasil. Biarkan target pasar kamu melihat apa yang ingin mereka lihat atau ekspektasikan. Tawarkan sesuatu yang berbeda dari yang lain, yang menarik perhatian mereka. Ibarat menarik sesorang yang hampir tersesat di tengah hiruk pikuk dan padatnya jalan dan membimbingnya lalu seolah berkata 'aku penuntun yang tepat' atau 'akan ku tunjukkan jalan yang benar'. Jika kamu dapat melakukannya dengan baik, maka selamat kamu telah mendapat perhatian mereka (konsumen).

2.  Menempatkan Diri
Pemasaran yang tidak mencapai target berarti pemborosan, tidak efisien atau junk. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar (calon konsumen) kamu sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika di suatu daerah adalah kawasan muslim dan kamu penjual pakaian. Maka jual lah pakaian yang menutup aurat yang sesuai dengan budaya atau life style  mereka. Memasarkan rok mini adalah tindakan yang cukup bodoh. Maka tempatkan dirimu dengan target pasarmu atau berpindahlah ke lokasi yang tepat.

3.  Labeli Produkmu
Labeli produkmu dengan sesuatu yang menarik. Maksudnya bukan semata-mata pada produknya, tetapi pada image tentang produknya. Semisal dengan memanfaatkan media periklanan. Buat suatu image yang dapat melekat dan diingat oleh konsumen yang membacanya. Atau ketika kamu memasarkan buku, kamu cukup mudah melabeli nya dengan memilih judul yang unik yang mudah diingat, berbeda, membuat penasaran atau mungkin menggambarkan produk kamu.

4.  Memiliki pesan yang sangat jelas
Gambar-gambar unik memang bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk mengkomunikasikan pesan kamu. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar pada iklan itu! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika menulis sebuah iklan, kita tidak ingin konsumen sekedar memberitahu tahu bahwa kita kreatif. Kita ingin konsumen tertarik hingga membeli produk tersebut.” Kamu tidak boleh membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.

5.  Menggunakan strategi marketing melalui pesan ekstrim
Kenyataannya adalah, pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka, contohnya slogan dari maskapai yang marketingnya sangat saya gemari Virgin Atlantic Airways berikut ini :
"Milikku lebih besar dari milikmu (Mine's Bigger Than Yours)" - 2006
"Masih merah panas untuk 25 tahun (Still Red Hot For 25 Years)"- 2009
"Maskapaimu tidak mendapatkannya, atau tidak memilikinya (Your Airline's Either Got It, Or It Hasn't) " - 2010. Ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat Anda ingin membaca karena sifat mereka yang ekstrim.

6.  Informasikan Programmu
Informasikan setiap program-program kamu dengan baik. Misal ada discount 30% dari produkmu hari ini, akan sia-sia jika konsumen tidak mengetahuinya karena kurangnya informasi yang kamu berikan.

7.  Gunakan strategi promosi saling berkaitan

Atur pemasaranmu untuk komunikasi lebih lanjut. Cobalah menawarkan insentif untuk konsumen baru. “Kaitan” ini menjadi prospek!  Berikut adalah beberapa contoh dari kaitan ini:
Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
Download resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
Mampir hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Target pasarmu jelas wanita atau keluarga. Dan semua tawaran ini cocok untuk mereke. Keterkaitan dari tawaran-tawaran ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk calon konsumenmu agar tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong perhatiannya kepadamu tetapi akan meningkatkan respon terhadap kamu juga.

8.  Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang tidak biasa
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda untuk bisa dikenal dan diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran berbeda atau memiliki warna berbeda atau tidak seperti format umumnya. Ini termasuk potongan surat, warna atau pesan yang ekstrim, berbentuk aneh dan memilih waktu yang tidak biasa untuk mendekati target pasar Anda, seperti berbicara tentang Natal di musim semi. Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem kereta bawah tanah New York City untuk memberitahu targetpasar mereka tentang produk baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target pasarnya.

9.  Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi calon pelanggan?”
Holiday Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki ” showerheadnomor satu berdasar penilaian pelanggan.” Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuah shower? Holiday Inn menemukan ini penting untuk target pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Anda dapat mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express, tapi mendengar tentang nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah sesuatu yang semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.


Nah itulah dia 9 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses. Semoga artikel di atas berguna dan dapat membantu kamu dalam memenangkan persaingan ya.

Sekian ^_^

Post a Comment for "9 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses"