Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Marketing dan Sales

HAI HAI!
Apa kabar sobat kampus semua? Semoga sehat selalu ya.

Kali ini saya ingin sedikit mengangkat masalah perbedaan antara marketing dan sales. Seperti yang sering saya ungkapkan di post-post sebelumnya, kebanyakan dari kita selalu saja menganggap marketing dan sales adalah dua hal yang sama. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Namun kita sering menyalah artikan bahwa sales dan Marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk.

Sebenarnya yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.

Dari pengertian yang ada, sudah  jelas bahwa proses  marketing lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales. Dalam Strategi Marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product(produk), price(harga), place(tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik)Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi)sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.

Perbedaan selanjutnya dalam Strategi Marketing , para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image brand produk tersebut. Sedangkan strategi sales adalah mereka tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.

Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian dari marketing, namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Jika marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan 4P atau 7P, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasaran'nya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.

Perbedaan Sales dan Marketing lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.Sebuah perusahaan tidak bisa berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika  tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan Strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya. 

Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat beberapa poin yang menjelaskan perbedaan marketing dan sales:

Marketing adalah :(sumber: laruno.com)
  1. Marketing adalah dari satu ke banyak
  2. Marketing menceritakan sebuah kisah mengenai perusahaan, produk, dan sebagainya ke banyak orang
  3. Marketing memperlihatkan reputasi sebuah brand
  4. Marketing harus membuat kisah yang ia ceritakan selalu tersirkulasi di tengah target pemasarannya
  5. Marketing menganalisa data besar. Marketing membawakan hasil rata-rata, tidak spesifik.
  6. Marketing mempelajari pengalaman apa yang diinginkan pelanggan ketika mereka membeli suatu produk, jasa, atau solusi.
  7. Marketing tidak harus mempromosikan harga spesial dan diskon, melainkan mengganti hal ini dengan penawaran spesial yang memberikan nilai lebih.
Sementara Sales adalah:

  1. Sales adalah dari satu ke satu
  2. Sales adalah sosok yang membuat bisnis menjadi nyata untuk klien. Disinilah dimana suatu brand menjadi hidup.
  3. Sales membangun sebuah hubungan. Hubungan antara klien dengan sales dan perusahaan.
  4. Sales mencari target individu.
  5. Sales membuat kesepakatan secara detail dengan tiap individu. Hasil dari hal ini tidak bisa dirata-ratakan.
  6. Sales menganalisa sikap dan sifat klien dari pandangan dari individu terhadap individu.
  7. Sales bergerak dengan mendiskusikan harga dan diskon. Sales melakukan persetujuan dengan pelanggan mengenai resiko apa yang didapat ketika memutuskan untuk melakukan pembelian dan memperlihatkan bahwa perusahaannya tidak akan memberikan resiko tersebut.

Sudah jelaskan perbedaannya? Nah, itulah tadi perbedaan marketing dan sales. Marileh kita memulai untuk menyusun taktik penjualan berdasarkan pengertian marketing dan sales yang benar.
Sekian ^_^

Post a Comment for "Perbedaan Marketing dan Sales"