Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Segmentasi Pasar

HAI HAI!
Sobat kampus semua. Di post sebelumnya yang berjudul Marketing Plan saya pernah menyinggung sedikit tentang segmentasi pasar (marketing segmentation). Tapi apa ya segmentasi pasar itu? Dan apa pula manfaatnya dalam dunia marketing? Langsung saja simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar keseluruhan suatu produk ataupun jasa yang tadinya bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, yang dimana setiap masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
Atau definisi segmentasi pasar yaitu suatu kegiatan membagi-bagi pasar yang asalnya bersifat heterogen menjadi bersifat homogen. Homogenitas masing-masing kelompok tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan dalam kebiasaan membeli, dari menggunakan barang, kebutuhan pemakainya, tujuan pembelian barang, dan lain sebagainya.
Alasan melakukan segmentasi pasar
Beberapa alasan melakukan segmentasi pasar adalah hal yang penting:
  • Semakin maju dan beragamnya kebutuhan masyarakat, semakin heterogen masyarakat.
  • Semakin majunya perekonomian, maka akan semakin banyak juga kompetitor atau pesaing yang harus dihadapi perodusen.
  • Segmentasi akan membantu perusahaan atau produsen untuk menemukan segmen-segmen yang dapat dilayani secara baik dan maksimal.
  • Segmentasi akan membantu perusahaan atau produsen untuk meraih competitive advantages terhadap saingannya melalui diferensiasi produk.
Berikut ini tujuan segmentasi pasar
Pasar dapat lebih mudah untuk dibedakan, maksudnya setiap barang atau produk yang dihasilkan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sepaya produk tersebut dapat diterima oleh konsumen, tentunya harus sesuai dengan keinginan dan slera konsumen. Sedangkan dengan keadaan pasar yang heterogen dan selera dari konsumen yang selalu berkembang tentunya cukup sulit untuk dapat diikuti oleh produsen secara terus-menerus. Keadaan yang seperti ini produsen atau perusahaan akan lebih cenderung untuk mencari sekelompok konsumen yang sifatnya hoogen, sehingga perusahaan lebih mudah untuk memahami selera dari konsumen. Dengan demikian pasar akan lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.
Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik, untuk memenuhi kebutuhannya para konsumen selalu menginginkan produk yang berkualitas, tapi dengan harga yang terjangkau dan tetunya dengan pelayannan yang cukup baik dan memuaskan, dari hal seprti itu yang sangat diinginkan para konsumen umumnya pelayanan yang baik. Banyak konsumen yang lari karena pelayanan yang kurang baik atau buruk jika masalah harga biasanya nomer duajika di bandingkan dengan pelayanan, Maka segmentasi pasar harus dilakukan supaya  dapat memberikan pelayan yang baik kepada para konsumen.
Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah, Karena sangat banyak dan beragamnya konsumen, maka akan sangat sulit jika melayani seluruh konsumen yang heterogen. Jika melayanin konsumen yang sifatnya homogeny maka strategi pemasaran yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan mengerah dalam menyusun marketing mix yang diantaranya meliputi produk, harga, distribusi dan pengiklanan atau promosinya sehingga lebih baik. Dengan melakukan segmentasi pasar dapat membantu menejemen dalam hal mengarahkan modal atau dana dan juga usaha kea rah pasar yang potensial yang menguntungkan sebab sasaran pasar jelas, dan dapat merencanakaan produk dengan baik yang dapat memenuhi permenintaan pasar serta cara promosi yang tepat untukperusahaan.

Manfaat Segmentasi Pasar
Beberapa Manfaat segmentasi pasar
Berikut ini manfaat dari segmentasi pasar:
  • Yang pertama menyalurkan uang maupun usaha ke pasar potensial yang akan menguntungkan
  • Yang kedua dapat merencanakan produk dengan baik yang dapat memenuhi permintaan pasar.
  • Yang ketiga dapat menentukan cara promosi yang paling tepat untuk perusahaan.
  • Yang keempat Dapat memilih media advertensi yang baik dan menemukan bagaimana cara mengaloksikan secara lebih baik.
  • Yang ke lima dapat mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam melakukan promosi.
  • Yang keenam para penjual akan berada dalam posisi yang cukup baik untuk mengarahkan dan membandingkan kesempatan ataupun harapan dalam pemasran sehingga dapat mempelajari keperluan setiap segmen
  • Yang ketujuh para penjual dapat menggunakan pwawasannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen.
  • Dan yang terakhir penjual dapat mengatur lebih baik lagi produknya dengan cara pemasarannya. (sumber: pengertianku)
Nah, itulah tadi sekilas tentang pengertian segmentasi pasar dan manfaatnya. Semoga postingan kali ini lagi-lagi bisa membantu sobat kampus semua dalam memahami lebih jelas seputar dunia marketing. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah ya? Saran dan masukan sangat di tunggu loh.

Sekian ^_^

Post a Comment for "Pengertian Segmentasi Pasar"