Peranan Manajemen Pemasaran dan Konsepnya
Peranan manajemen pemasaran dalam suatu usaha sangatlah penting. Yaitu, untuk mempertahankan keberlangsungan hidup suatu perusahaan dalam suatu market share.
Manajemen pemasaran perusahaan mempengaruhi ketercapaian jumlah penjualan sebagai imbas dari suatu kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan.
Lalu bagaimanakah peranan manajemen pemasaran tersebut? Sobat, berikut penjelasannya.
Peranan Manajemen Pemasaran
Dalam sebuah kegiatan pemasaran, manajemen pemasaran tak hanya bertugas mengantarkan produk atau jasa ke hadapan konsumen, melainkan juga memastikan terpenuhinya ekspektasi konsumen.
Yang mana seluruh hal tersebut berguna untuk mencapai suatu tujuan perusahaan, yaitu profit. Adapun beberapa peranan dari manajemen pemasaran antara lain:
Membuat Desain Produk
Manajemen pemasaran berperan merencanakan detail barang yang akan perusahaan produksi. Barang yang perusahaan produksi haruslah sesuai dengan kriteria produk yang konsumen kehendaki.
Sehingga pasar sasaran akan dengan mudahnya menerima produk tersebut.
Merencanakan Harga Produk
Menentukan harga produk dalam suatu produksi merupakan salah satu peran dari manajamen pemasaran.
Dalam penentuan harga suatu produk, pihak manajemen pemasaran harus mempertimbangkan keadaan dari pasar sasaran.
Apakah harga tersebut dapat konsumen sepakati, dalam arti kata sesuai dengan value dari produk tersebut di mata konsumen.
Melakukan Kegiatan Promosi
Setelah menciptakan produk yang baik dan harga yang sesuai, manajemen pemasaran sesuai dengan namanya berperan untuk memasarkan produk tersebut.
Caranya agar produk tersebut dapat pasar kenali ialah dengan cara melakukan serangkaian aktivitas promosi. Yang bertujuan untuk memberi tahu konsumen bahwa ada produk ‘ini’ dengan kualitas dan harga ‘segini’, yang bisa mereka peroleh ‘disini’.
Konsep Manajemen Pemasaran
Dalam kegiatan pemasaran, terdapat setidaknya enam konsep dasar kegiatan aktivitas pemasaran yaitu :
Konsep Produk
Pada konsep produk, kualitas produk merupakan hal yang paling utama. Baik secara tampilan maupun fungsi dari produk itu sendiri.
Manajemen pada tahapan ini bertugas menampilkan produk-produk yang berkualitas, hal ini guna memberikan service kepada konsumen demi mendapatkan kesetiaan mereka.
Konsep Produksi
Prinsip dari konsep produksi ialah, produk yang konsumen sukai adalah produk yang tersedia pada banyak tempat dengan harga yang murah.
Konsep ini sangat menekankan produksi yang efisien serta luasnya saluran distribusi, dengan melakukan segala usaha.
Konsep Penjualan
Pada konsep penjualan, pemasar harus selalu menyuguhkan promosi secara terus-menerus ke hadapan konsumen. Dan melakukan segenap upaya penjualan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Konsep Pemasaran
Dalam konsep pemasaran, tentunya pemasaran menjadi pemeran utama. Yaitu bagaimana perusahaan mempertahankan value suatu produk dan memenuhi ekspektasi konsumen, lebih daripada kompetitor.
Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep pemasaran sosial suatu perusahaan wajib mencari tahu apa yang menjadi tren pasar, atau ekspektasi seperti apa yang konsumen miliki.
Yangmana dalam prosesnya, perusahaan harus tetap memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada pada lingkungannya.
Konsep Pemasaran Global
Dalam konsep ini perusahaan memanfaatkan segala sumber daya yang perusahaan miliki, guna menghadapai ancaman pasar global.
konsep pemasaran global a memaksimalkan sumber daya manusia, aset yang berwujud, pendanaan, serta tujuan suatu perusahaan guna mendapatkan peluang.
Demikianlah materi tentang peranan manajemen pemasaran. Semoga sobat dapat memahami tentang materi tersebut. Terima kasih.
Post a Comment for "Peranan Manajemen Pemasaran dan Konsepnya"