Manajemen Pemasaran Industri : Defenisi, Jenis dan Karakteristiknya
Secara karakteristik pemasaran industri dan pemasaran konsumen memiliki perbedaan.
Lalu seperti apakah manajemen pemasaran industri itu? Sobat, silahkan simak artikel berikut ini.
Defenisi Industri
Secara defenisi industri merupakan suatu aktivitas usaha mengolah atau mengubah bentuk bahan dasar / mentah, ataupun barang setengah jadi ke bentuk barang siap pakai.
Yang mana barang yang telah berubah bentuk akan memiliki nilai lebih dalam hal kebermanfaatan dan dalam hal menghasilkan keuntungan bagi pelaku industri.
Hasil industri tak terbatas hanya pada produk berbentuk fisik saja, akan tetapi juga bisa jadi dalam bentuk jasa.
Contoh industri dalam bidang jasa ialah pada bidang real estate, keuangan, transportasi, utilitas, infrastruktur, medis, penginapan dan lain sebagainya.
Jenis-jenis Industri
Ada beberapa jenis industri berdasarkan sumber perolehan bahan baku, antara lainnya ialah :
Industri Ekstraktif
Yang tergabung ke dalam kategori sektor industri ekstraktif ialah industri yang memperoleh bahan bakunya langsung dari alam.
Contohnya antara lain kebun, sawah, hutan, sungai, ternak, tambang dan lain sebagainya.
Industri Non Ekstraktif
Defenisi industri non ekstraktif ialah industri yang bahan bakunya merupakan hasil pengolahan sebelumnya oleh industri lain.
Contohnya antara lain industri sepatu, garmen, tekstil, konveksi dan lain sebagainya.
Industri Fasilitatif
Yang tergabung ke dalam kategori sektor industri fasilitatif ialah industri yang produknya dalam bentuk penjualan jasa.
Contohnya antara lain transport, expedisi, keuangan, asuransi dan lain sebagainya.
Manajemen Pemasaran Industri
Apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran industri ialah, segala bentuk pengaplikasian konsep dan aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk mempersembahkan produk industri ke khalayak ramai yang menjadi target pasar.
Tujuan dari manajemen pemasaran industri yang paling utama tentunya ialah mendatangkan profit untuk perusahaan, dari target pasar industri yang berbeda dengan konsumen biasa.
Target pasar industri ialah organisasi atau bisnis, bukan end user atau konsumen pengguna akhir. Contoh organisasi atau bisnis tersebut ialah bisnis manufaktur, sektor swasta, RS, Badan Usaha Milik Negara dan lain sebagainya.
Yang mana bisnis atau organisasi tersebut akan menggunakan produk industri sebagai modal berjalannya kegiatan usaha mereka, barulah produk atau jasa tersebut akan sampai pada end user atau konsumen akhir.
Karakteristik Market Industri
Ada beberapa karakteristik dalam pasar industri, antara lain :
Secara Permintaan
- Permintaan akan produk industri sesuai dengan kebutuhan end user
- Pembelian dalam jumlah besar
- Permintaan akan produk lebih cepat mengalami fluktuasi (naik turun)
Secara Kepembelian
- Pembeli adalah organisasi / usaha besar atau profesional
- Lebih sedikitnya jumlah pembeli
Secara Pengambilan Keputusan
- Keputusan akan pembelian lebih rumit tergantung selera end user
- Proses pembelian berlangsung secara formal dan profesional
- Keputusan jual beli biasanya berlangsung dalam hubungan jangka panjang
Demikianlah pembasahan mengenai manajemen pemasaran industri. Semoga sobat dapat lebih memahami mengenai materi tersebut. Sekian terimakasih.
Post a Comment for "Manajemen Pemasaran Industri : Defenisi, Jenis dan Karakteristiknya"