Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Manajemen Pemasaran

Tahapan manajemen pemasaran

Tahapan manajemen pemasaran tentunya merupakan elemen yang perlu sobat perhatikan dalam melaksanakan aktivitas pemasaran.

Misalnya pada manajemen pemasaran industri, tentunya memiliki proses pemasaran yang tidak instan dan memiliki sejumlah tahapan.

Lantas apa sajakah tahapan manajemen pemasaran itu? Berikut pembahasannya.


Tahap Manajemen Pemasaran

Tahapan Secara Konsep

Secara konsep tahapan manajemen pemasaran terbagi menjadi tiga bagian, antara lain:

Tahap Orientasi Produksi

  • Bagian produksi mulai menentukan perencanaan dan tujuan perusahaan
  • Bagian Keuangan dan Produksi menentukan harga produk
  • Bagian penjualan mempersiapkan dan mengkoordinir tenaga penjual
  • Tahap orientasi produksi berorientasi pada mekanisme produksi

Tahap Orientasi Penjualan

  • Indikator keberhasilan suatu penjualan bergantung pada jumlah penjualan
  • Tolak ukur keberhasilan penjualan bukanlah profit
  • Tahap orientasi penjualan berorientasi pada mekanisme penjualan

Tahap Orientasi Pemasaran

  • Memanfaatkan sumber daya untuk memperkenalkan produk atau jasa
  • Menawarkan produk atau jasa, serta mengingatkan pasar tentang produk tersebut
  • Meningkatkan value produk agar sesuai dengan ekspektasi konsumen
  • Mengevaluasi program pemasaran yang telah berjalan
  • Tahap orientasi penjualan berorientasi pada konsumen dan mekanisme pemasaran 


Tahapan Secara Praktik

Pada praktiknya terdapat beberapa tahapan manajemen pemasaran, yaitu:

Riset Market

Penelitian pasar merupakan langkah pertama dalam tahapan manajemen pemasaran. Karena sebelum menentukan market plan dan lain sebagainya, tentunya perlu melakukan penyesuaian terhadap pasar sasaran.

Hal tersebut dapat pihak manajemen lakukan dengan cara mengumpulkan data terlebih dahulu tentang berbagai aspek dari target marketnya.

Dari data tersebutlah pihak pemasar akan mengetahui produk seperti apa yang kira-kira pasar butuhkan dan inginkan. Sehingga produk atau jasa tersebut dapat pasar terima.

Selain dari hal tersebut, fungsi riset pasar lainnya ialah guna membuat keputusan perlukah menciptakan produk baru, meningkatkan value dari produk, atau tidak perlu melakukan perubahan apapun pada produk yang ada. 

Strategi Marketing 

Merancang market strategy merupakan tahap selanjutnya setelah meriset pasar sasaran. Dalam tahap ini dari data yang kita peroleh kemudian berkembang menjadi ide-ide dan keputusan secara garis besar.

Keputusan yang manajemen ambil dalam hal seperti penentuan target market, segmentasi pasar atau brand positioning.

Market Plan

Tahapan selanjutnya setelah menciptakan strategi ialah merancang strategi pasar. Jika strategi berupa rancangan secara garis besar, maka perencanaan merupakan detail pelaksanaan pemasaran yang bertujuan mewujudkan strategi tersebut.

Pada tahap ini, perusahaan mulai menentukan tujuan dalam jangka waktu tertentu. Serta membuat perincian kegiatan yang akan menjadi pedoman berjalannya kegiatan pemasaran.

Tugas manajemen pemasaran adalah memastikan semua berjalan sesuai rencana. 

Pengawasan

Seperti yang telah tertulis pada poin sebelumnya, tugas manajemen pemasaran adalah memastikan semua kegiatan pemasaran berjalan sesuai rencana. 

Manajemen akan memastikan semua berjalan sesuai alur yang telah mereka tetapkan. Agar tidak ada kesalahan dan pemasaran berjalan dengan efisien serta efektif.

Evaluasi

Selanjutnya pihak manajemen mulai mengevaluasi apakah rencana yang telah berjalan sesuai dengan rencana, apakah ada rencana yang perlu mereka ubah, tambahkan atau hapuskan.

Mengumpulkan saran dapat menjadi langkah yang tepat dalam melaksanakan proses evaluasi, salah satunya dari konsumen produk itu sendiri.


Demikianlah pembahasan mengenai tahapan manajemen pemasaran. Semoga sobat dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Sekian dan terima kasih.


Post a Comment for "Tahapan Manajemen Pemasaran"