Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Pemasaran 1 : Pengertian, Fungsi dan Tugas

Manajemen pemasaran 1

Manajemen pemasaran 1

Menurut Kotler Keller manajemen pemasaran merupakan suatu proses merencanakan, menganalisa, melaksanakan dan mengawasi beberapa rencana.

Yang memiliki dampak perputaran dengan pasar sasaran yang bermaksud mewujudkan target perusahaan.

Karena itu untuk lebih memahami garis besarnya silahkan sobat baca artikel berikut ini.

 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan sebuah usaha untuk menyusun rencana, melakukan penerapan.

Penerapan terbagi atas kegiatan mengorganisasikan, pengarahan dan pengkoordinasi.

Selanjutnya memantau atau mengontrol aktivitas marketing pada suatu organisasi supaya terwujud arah organisasi secara efesien dan efektif.

Pada peranannya manajemen pemasaran produk dan jasa memiliki kegiatan menganalisa, yakni melakukan analitis untuk mengenali pasar serta kawasannya.

Sehingga pemasar bisa menakar seberapa banyak kesempatan untuk mengambil pasar dan resiko yang mungkin akan mereka temui.

 

Fungsi Manajemen Pemasaran

Keterangan fungsi pemasaran terintegrasi yang memberikan dukungan satu sama lain antara lain:

  • Analitis pasar

    Untuk mengenal ekspektasi konsumen, serta peluang dan resiko banyak hal yang perlu menjadi perhatian pada proses aktivitas analitis pasar. 

Yakni analitis pada probabilitas dan resiko, kemudian juga analitis sikap konsumen.
  • Segmentasi pasar

    Segmentasi pasar ialah aktivitas membagi pasar kedalam sejumlah golongan, yangmana tiap kelompok memiliki karakter serupa. 

Dengan melaksanakan segmentasi pasar, aktivitas marketing  bisa terlaksana dengan lebih terukur dan departemen marketing bisa berfungsi dengan lebih efisien dan efektif.
  • Memutuskan pasar target

    Memutuskan pasar target memiliki arti memberi nilai keaktifan terhadap tiap-tiap sisi pasar, mempertimbangkan berbagai aspek dan sudut pandang, mencari manakah yang dapat menguntungkan.

Selanjutnya pemasar harus memilih akan melayani pasar yang mana.

Aktivitas memutuskan pasar target mencakup: penilaian sisi pasar (jumlah dan perkembangan sisi, dengan menganalisa data seperti umur konsumen, penghasilan, atau jenis kelamin berdasarkan tiap kalangan konsumen), secara sistematis.

  • Penempatan pasar

    Perusahaan yang akan memasuki pasar perlu mumpuni dalam menganalisis kompetitor yang ada, sebelum mematok lokasi penempatan pasarnya.

  • Rencana marketing

    Departemen pemasaran perlu mengkoordinasikan rencana pemasaran yang sudah tersusun, bersama dengan departemen lainnya untuk meraih tujuan dan kepentingan perusahaan.

Tujuan Management Marketing

  • Membangun Keinginan

Penjualan dapat terjadi hanya jika adanya permintaan dari konsumen. 

Untuk menciptakan permintaan itu perlu adanya beragam usaha marketing untuk memunculkan minat dan rasa ingin tahu konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

  • Membangun Kepuasan Konsumen

    Kurang cukup kiranya apabila hanya menyasar pemenuhan keinginan konsumen apabila hendak mencapai target perusahaan.

Karenanya setelah berhasil memenuhi kebutuhan konsumen, tujuan manajemen pemasaran yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menciptakan kepuasan konsumen dengan cara memahami ekspektasi konsumen.
  • Mendapatkan Market Share

    Tujuan berikutnya ialah memperoleh perkembangan konklusif dari market share produk. Pasar ibarat sebongkah kue, kemudian tiap potongan kue sebagai deskripsi dari pembagian pasar.

Semua perusahaan menginginkan terjadi kenaikan dan peluasan market share mereka.
Seperti halnya seorang anak yang menginginkan lebih banyak potongan kue.

Meskipun terkadang mempertahankan pasar yang telah adapun sudah cukup sulit.

  • Mendapatkan Keuntungan

    Sasaran akhir dari seluruh perusahaan tentunya ialah meraih keuntungan. Dan biasanya perusahaan mematok sejumlah nominal profit sebagai syarat kesuksesannya.

Memenuhi target laba tentu merupakan salah satu dari sekian tujuan membentuk departemen pemasaran.

Bagaimana perusahaan dapat menjual dengan nilai margin maksimal guna mendapat hasil yang optimal.

  • Mendapatkan Pencitraan yang Baik

    Citra yang bagus pada produk dan perusahaan akan memberi dampak positif untuk perusahaan, baik dari segi konsumen, partner, investor, dan tenaga kerja.

  • Menjaga Keberlangsungan Usaha

    Departemen pemasaran ialah ujung tombak perusahaan yang tugasnya memenuhi sasaran pemasaran.

Itulah mengapa keberlangsungan perusahaan sangat bergantung pada kinerja departemen pemasaran.

 

Sekian penjelasan mengenai manajemen pemasaran. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, sekian terimakasih.

Post a Comment for "Manajemen Pemasaran 1 : Pengertian, Fungsi dan Tugas"