Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pentingnya Pemasaran Bagi Seorang Wirausaha



Jelaskan pentingnya pemasaran bagi seorang wirausaha – Bagi seorang wirausaha proses pemasaran tentunya sangat penting untuk mereka lakukan.

Karena tanpa pemasaran, konsumen sasaran tidak akan pernah tahu dan mengenali produk yang mereka ciptakan.

Seperti apa pembahasannya? Sobat, silahkan simak artikel berikut ini.


Pengertian dan Pentingnya Pemasaran Dalam Wirausaha

Defenisi Pemasaran

Pemasaran yang dalam bahasa Inggrisnya kita kenal dengan istilah marketing merujuk kepada proses memperkenalkan produk atau jasa ke khalayak ramai.

Namun memasarkan suatu produk memiliki cangkupan yang sangat luas, bukan hanya pada tahap mengenalkan produk ke konsumen saja, tapi berupa keseluruhan proses yang tersistematis mulai dari riset pasar, merencanakan hingga mengevaluasi proses tersebut.

Pentingnya Pemasaran Dalam Berwirausaha

Ada beberapa peran pemasaran bagi seorang wirausaha, antara lain :

Sales

Penjualan atau sales merupakan tujuan dari berjalannya suatu proses pemasaran. Karena goal dari proses memasarkan produk atau jasa ialah berhasilnya produk atau jasa tersebut menciptakan sales atau penjualan bagi seorang wirausaha. 

Promosi

Pemasaran seperti yang kita tahu berperan untuk melakukan promosi atas produk atau jasa yang seorang wirausaha tawarkan kepada pasar sasarannya.

Tujuannya tentu agar produk yang seorang wirausaha produksi tidak hanya ‘mogok’ di gudang saja, tetapi berhasil ia perkenalkan kepada  konsumen targetnya sehingga menghasilkan profit.

Riset dan Produk Development

Pengembangan produk atau development dan juga riset merupakan proses yang sangat penting bagi wirausaha. Produk yang ia kembangkan haruslah mengikuti tren yang ada.

Seorang wirausahawan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memahami ekspektasi pasar akan suatu produk. Barulah ia bisa menyesuaikan dengan value produknya. Hal ini tentunya bertujuan agar produk yang ia pasarkan dapat konsumen terima dengan baik.

Kemudian dalam konsep strategi pemasaran riset sangatlah pewirausaha butuhkan, guna menentukan langkah-langkah yang akan ia ambil dalam rangka memasarkan produknya.

Komunikasi Pemasaran

Mengkomunikasikan suatu produk berarti menciptakan suatu hubungan yang baik antara konsumen dan pewirausaha. Hal ini perlu pewirausaha lakukan guna menyampaikan pesan kepada konsumen tentang tujuan ia menciptakan suatu produk atau jasa.


Apa Ruang Lingkup Pemasaran

Ruang lingkup pemasaran mengarah pada elemen-elemen yang ada dalam berjalannya suatu aktivitas pemasaran. Antara lain :

Organisasi

Peran organisasi dalam pemasaran ialah untuk merealisasikan rencana pemasaran, serta memastikan proses pemasaran berjalan dengan baik sesuai rencana yang ada.

Organisasi memiliki tanggung jawab antara lain untuk mendesai produk, melakukan riset pasar, merencanakan saluran distribusi serta melakukan promosi. 

Produk

Defenisi produk merupakan objek yang menjadi pemeran utama terciptanya suatu aktivitas jual beli dan juga alasan berjalannya suatu aktivitas pemasaran.

Produklah satu-satunya alasan yang mempertemukan pewirausaha dan konsumennya. Sehingga tanpa produk baik berbentuk barang maupun jasa, tidak akan ada konsumen dan profit. 

Pasar

Mungkin sobat sering mendengar kata pasar sebagai tempat melakukan transaksi jual beli. Namun, dalam istilah pemasaran, pasar merupakan sekumpulan orang yang menjadi pembeli atau target penjualan. Yang kemudian kita kenal dengan sebutan konsumen. 

Harga

Merupakan sejumlah nominal yang harus konsumen korbankan untuk memperolah suatu barang atau jasa.

Harga yang pewirausaha tetapkan harus senilai dengan value produk yang ia tawarkan, serta menyesuaikan dengan kemampuan target pasarnya. Dengan demikian konsumen akan merasa masuk akal untuk membeli produk tersebut. 

Promosi

Dalam pemasaran promosi sudah seperti arti dari pemasaran itu sendiri. Karena pada proses promosilah suatu produk masuk ke dalam ‘kesadaran’ dari sang konsumen  target. Tujuan promosi dalam fungsi marketing adalah bagaimana produk dapat konsumen kenali dan ingin mereka miliki.

Demikianlah pembahasan mengenai jelaskan pentingnya pemasaran bagi seorang wirausaha beserta ruang lingkupnya. Semoga sobat dapat lebih memahaminya, terima kasih.

Post a Comment for "Jelaskan Pentingnya Pemasaran Bagi Seorang Wirausaha"