Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Yang Termasuk Ke Dalam Proses Riset Pasar Kecuali



Berikut yang termasuk ke dalam proses riset pasar kecuali

A. Menyusun Laporan

B. Menentukan Metode

C. Membuat Desain

D. Melakukan Promosi

E. Mengambil Sampel

Pada pertanyaan tersebut, jawabannya ialah 'D. Melakukan Promosi'

Mengapa demikian? Untuk memahaminya silahkan sobat simak pembahasan mengenai proses riset pasar berikut ini.


Pengertian Riset Pasar

Riset pasar merupakan satu dari sekian rangkaian kegiatan pemasaran. Melakukan riset pasar haruslah pada awal kegiatan pemasaran. Karena dalam menetapkan strategi pemasaran, perusahaan sangat membutuhkan hasil dari riset pasar tersebut.

Misalkan bagi seorang pewirausaha, pentingnya pemasaran bagi seorang wirausaha tentu tidak dapat kita pungkiri. Terutama proses riset pasar sangat mereka butuhkan pada sengitnya kompetisi yang ada pada pasar yang sama.

Melakukan riset pasar adalah dengan meneliti dan memahami pasar sasarannya. Dengan melihat peluang serta ancaman yang ada, memahami tren serta ekspektasi konsumen.

Kemudian membuat sejumlah rumusan masalah, mengumpulkan data, menganalisa serta melaporkan hasil riset tesebut guna menjadi pedoman bagi pihak manajemen untuk merancang strategi pemasaran suatu produk.


Proses Riset Pasar

Ada beberapa tahapan yang harus perusahaan lakukan secara sistematis selama proses riset pasar, yaitu:

Membuat Rumusan Masalah

Secara sistematis yang berada pada urutan pertama pada proses riset pasar adalah membuat rumusan masalah.

Rumusan masalah merupakan sejumlah permasalahan yang ingin perusahaan pecahkan atau temukan jawabannya dari hasil riset pasar. Dalam arti kata menemukan jawaban dari rumusan masalah merupakan tujuan perusahaan melakukan riset. 

Jawaban yang perusahaan kumpulkan dalam bentuk data dari hasil riset pasar, haruslah merupakan informasi yang benar dan terpercaya. Sehingga hasilnya bisa perusahaan gunakan untuk membuat keputusan-keputusan pemasaran pada masa yang akan datang.

Contoh proses riset pemasaran pada tahap ini adalah, perusahaan ingin mengetahui tentang berapa budget yang mereka butuhkan untuk melakukan sejumlah aktivitas promosi pada produknya.

Untuk mengetahuinya perusahaan harus membuat rumusan masalah tentang berapa budget yang mereka butuhkan untuk iklan tersebut. Dan jawaban yang nantinya mereka peroleh haruslah berupa data perkiraan nominal.

Membuat Desain Riset

Perusahaan perlu melakukan desain riset, yaitu sejumlah langkah strategi riset dengan sangat terperinci tentang cara mengumpulkan data, menguji hipotesa dan membuat kuesioner.

Membuat desai riset harus berdasar pada indicator penguji yang dipilih dalam menghasilkan suatu analisa. 

Menentukan Metode Pengumpulan Data

Terdapat 2 jenis data yang perlu dikumpulkan dari proses riset pasar. Yaitu data primer dan sekunder.

Data primer yaitu data yang perusahaan dapatkan atau kumpulkan dengan terjun langsung ke lapangan. Sementara dara sekunder ialah data yang perusahaan peroleh dari berbagai referensi seperti buku, internet dan lain sebagainya.

Yang harus perusahaan lakukan adalah mempertimbangkan bagaimana cara memperoleh kedua data tersebut yang kemudian menjadi data base, cara itulah yang kita kenal dengan metode pengumpulan data.

Mengambil Sampel dan Data

Sampel merupakan sedikit objek yang mewakili keseluruhan kelompok yang diteliti. Sehingga perusahaan tidak perlu meneliti pasar sasarannya secara keseluruhan, karena sampel dianggap telah mewakili keseluruhan pasar tersebut.

Dari hasil pengambilan sampel tersebutlah perusahaan akan memperoleh data yang akan berguna bagi proses pemasaran kedepannya. 

Menganalisa dan Membaca Data

Perusahaan kemudian akan menganalisa dan membaca data yang telah mereka kumpulkan, yang selanjutnya akan membentuk suatu kesimpulan riset.

Menyusun Laporan Riset

Setiap jenis riset pemasaran yang perusahaan lakukan, pada akhirnya akan perusahaan tuangkan dalam bentuk laporan riset.

Laporan riset yang perusahaan buat akan sangat membantu pihak manajemen dalam memahami perilaku pasar, serta membantu menentukan keputusan-keputusan yang akan mereka ambil pada aktivitas pemasaran selanjutnya.

Inilah nanti yang akan menjadi alat ukur atau indikator dalam keberhasilan suatu riset pasar.

Jadi, dari pertanyaan : Berikut yang termasuk ke dalam proses riset pasar kecuali D. Melakukan Promosi. Karena melakukan promosi tidak terdapat dalam proses riset pasar. Sekian pembahasan kali ini, terima kasih.

Post a Comment for "Berikut Yang Termasuk Ke Dalam Proses Riset Pasar Kecuali"