Hermawan Kartajaya, Pakar Pemasaran Indonesia
Hermawan Kartajaya
(lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947; umur 68 tahun) adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun 2002, ia menjabat sebagai Presiden World Marketing Association dan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing.
(lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947; umur 68 tahun) adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun 2002, ia menjabat sebagai Presiden World Marketing Association dan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing.
Saat ini beliau juga menjabat sebagai Presiden MarkPlus&Co,
perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asiayang dirintisnya sejak
tahun 1990.
Kartajaya pernah mengenyam Pendidikan Tinggi di Teknik
Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
namun harus keluar karena permasalahan ekonomi. Pada tahun
2010, ITS Surabaya menganugerahkan Doctor Honoris Causa, pertama
sepanjang sejarah, kepada Hermawan Kartajaya untuk pencapaian ilmu pemasaran
dunia.
Kartajaya aktif menulis buku-buku seputar dunia pemasaran.
Kartajaya merupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran
internasional dengan model yang ia buat sendiri. Ia adalah seroang yang unik
kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategis
dalam bidang marketing dan seorang praktisi. Hermawan yang juga founder
dan President MarkPlus itu selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand
yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus
melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi
memiliki implikasi jangka panjang.
Riwayat
Pendidikan dan Karier
· Ia pernah mengenyam
Pendidikan Tinggi di Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
namun harus keluar karena permasalahan ekonomi
·
Ia menyelesaikan gelar
sarjana di Universitas Surabaya, Indonesia.
· Ia mendapatkan gelar
master di University of Strathclyde
Graduate School of Business, Scotland 1995
·
Pada 1990 membentuk MarkPlus,
perusahaan konsultan marketing di Surabaya, Indonesia.
· Sejak 2002 Hermawan
Kartajaya menjadi presiden dari World Marketing Association
· Satu dari hanya
sedikit orang Asia yang pernah diundang untuk berpidato di American
Marketing Association (AMA) Educators Conference
· Dinobatkan
sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing.
Buku
Hermawan
Kartajaya telah menulis banyak buku, di antaranya adalah:
Buku
(Internasional)
·
Attracting Investors:
A Marketing Approach to Finding Funds For Your Business, with Philip Kotler
(Kellogg School of Management) and S. David Young (INSEAD), published by John
Wiley & Sons, New Jersey, 2004.
·
Rethinking Marketing:
Sustainable Market-ing Enterprise in Asia, with Philip Kotler (Kellogg School
of Management), Hooi Den Huan (Nanyang Business School) and Sandra Liu (Purdue
University), published by Prentice Hall Asia, 2002. This book is launched at
the University of Chicago Graduate Business School—Asian Campus, Singapore,
September 2002. Currently, this book is being used as second textbook for
Marketing Course at Nanyang Business School, Singapore. This book has been
translated into several languages.
·
Repositioning Asia:
From Bubble to Sustainable Economy, with Philip Kotler (Kellogg School of
Management) and wholly supported by Andersen Consulting Asia Pacific, published
by John Wiley & Sons, Singapore, 2000. This book was bestseller in Asia.
This book has been translated into several languages.
·
The 18
Guiding Principles of Marketing Company in
Warren J. Keegan (Pace University), Global Marketing Management, Prentice Hall,
New Jersey, 1999.
·
The
Strategic Marketing Plus 2000 Conceptual framework for Competitive Audit,
Strategy Formulation and Capability Enhancement in Warren J. Keegan (Pace University) and Mark C. Green
(Simpson College), Principles of Global Marketing, Prentice Hall, New Jersey,
1997.
Buku
(Nasional)
· Attracting Tourist,
Traders & Investors, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
2005.
· 4G Marketing: A
90-Year Journey in Creating Everlasting Brands, diterbitkan oleh
MarkPlus&Co, Jakarta, 2005. This book is about journey of HM Sampoerna of
creating everlasting cigarette brands in Indonesia.
· Aa Gym: A Spiritual
Marketer, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.
· Winning the Mom Market
in Indonesia, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.
· Marketing in Venus
Playbook Volume I, II, III, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.
· Marketing in Venus:
The Garuda Indonesia Story, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.
· Metrosexuals in Venus,
diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.
· Marketing Yourself,
diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.
· Berbisnis dengan Hati
(Compassionate Marketing), with K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), published by
MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.
·
Positioning
Differentiation Brand, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
2004.
·
On Becoming a
Customer-Centric Company, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
2004. This book is a about the transformation of PT Pos Indonesia of becoming
the customer-centric company.
· Hermawan Kartajaya on
Positioning, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.
· Hermawan Kartajaya on
Differentiation, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.
· Hermawan Kartajaya on
Brand, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.
· Marketing in Venus,
diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Media, Jakarta, 2003. This book is a
bestseller in Indonesia.
·
Hermawan Kartajaya on
Marketing, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.
·
MarkPlus on Strategy,
diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.
·
Marketing Plus 2000,
diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.
· Bridging the Network
Company, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999. This book
is about on the transformation of PT Pos Indonesia of becoming the network company.
·
Kiat Memenangkan
Persaingan di Era Krisis (Winning in the Era of Crisis), diterbitkan oleh PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1998.
· Siasat Bisnis: Menang
dan Bertahan pada Abad Asia Pasifik (Business Strategy: Winning and Sustaining
in Asia Pacific), diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama in cooperation
with Majalah Berita Mingguan Gatra, Jakarta, 1997.
· Seri 36 Kasus
Pemasaran Asli Indonesia: Rangkaian Strategi, Siasat, dan Taktik Jitu (Series
of 36 Indonesia Business Cases: Strategy and Tactic), with Dyah Hasto Palupi,
diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo, Jakarta. This series consist of 2
books.
· Marketing Plus Series,
diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan, Jakarta. This series consist of 5
books.
·
On Becoming
a Customer-centric Company
·
Marketing in
Venus
·
Hermawan on
Marketing
·
Rethinking
Marketing
·
Sustainable
Marketing Enterprise in Asia
Jurnal
· Guest Editor, with
Philip Kotler (Kellogg School of Management) and Karthik Siva (Global Brand
Forum), Nanyang Business Review, Special Global Brand Forum edition 2004.
· Guest Editor, with
Philip Kotler (Kellogg School of Management), Nanyang Business Review, Vol. 2
No. 1, January-June 2003.
· Only the
Sustainable Succeed: Lessons from Asian Survivors, Nanyang Business Review, Vol. 1 No. 1 January-June 2002, with
Philip Kotler (Kellogg School of Management).
· Consumer
Behavior in the Economic Crisis and Its Implication for Marketing Strategy, Kelola Gadjah Mada University Business Review, No.18/VII/1998.
· Marketing
Audit: Based on Strategic Marketing Plus 2000, Kelola Gadjah Mada University Business Review, No.9/IV/1995. (sumber: wikipedia)
Semoga bermanfaat ^_^
Semoga bermanfaat ^_^
Post a Comment for "Hermawan Kartajaya, Pakar Pemasaran Indonesia"