Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Pemasaran 4P : Tujuan dan Elemen Penting lainnya

Manajemen Pemasaran 4P
Manajemen Pemasaran 4P (Marketing Mix) - Tujuan dari adanya manajemen pemasaran pada suatu perusahaan ialah untuk membuat konsumen mengenali produk yang perusahaan pasarkan.

Melakukan kegiatan pemasaran pada suatu perusahaan haruslah dengan meng-efektifkan segala variabel yang ada dalam bauran pemasaran atau marketing mix.

Lantas apa itu marketing mix? Apa pula peran marketing mix dalam manajemen pemasaran? Sobat, berikut pembahasnnya.


Defenisi Marketing Mix 4p?

Marketing mix ialah himpunan dari beberapa faktor yang bisa perusahaan gunakan agar konsumen pada pasar sasaran berminat untuk membeli produknya.

Sebagaimana istilahnya, marketing mix memang merupakan kombinasi (mix) dari berbagai untur yang ada dalam taktik marketing.

Peranan departemen pemasaran dalam hal ini ialah menyiapkan gabungan dari berbagai strategi yang kemudian memperoleh hasil yang efektif guna mencapai konsumen yang target.

Marketing mix umumnya merujuk pada elemen 4P yakni. Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), dan Place (tempat).

Peranan marketing mix ialah untuk menyelaraskan value produk sesuai dengan ekspektasi atau keinginan pasar.


Elemen Marketing Mix 4P

Product (Produk)

Produk ialah sesuatu yang memiliki nilai dan memiliki kebermanfaatan, baik bisa terlihat maupun tidak.

Produk yang baik akan menciptakan kesan yang membekas pada benak konsumen, karena pada akhirnya hanya kualitas produklah yang dapat menentukan seorang konsumen hanya akan melakukan pembelian satu kali, atau akan melakukan pembelian ulang.


Price (Harga)

Pada umumnya, harga ialah sejumlah uang yang perlu pembeli bayarkan ke pemilik barang untuk memperoleh barang atau jasa yang ingin konsumen inginkan.

Karenanya, secara umum penjual atau pemilik jasalah yang menetapkan harga.

Namun, dalam seni jual-beli, konsumen boleh menawar harga yang telah penjual tetapkan. Apabila sudah sampai pada titik persetujuan antara konsumen dan penjual, barulah terjadi suatu transaksi bisnis.

Tetapi tak selamanya mekanisme tawar menawar dapat berlaku dalam baris marketing. 

Karena ada beberapa tempat yang memiliki harga yang telah terbandrol dan tidak dapat ditawar lagi.


Place (Tempat)

Dalam dunia pemasaran, tempat merupakan lokasi berpindahnya kepemilikan suatu barang dari penjual kepada pembeli. Dengan kata lain ialah tempat terjadinya transaksi jual beli.

Pemilihan tempat yang tepat juga sangat menentukan suatu produk akan mudah terjual laku atau tidak. Bagaimana bisa produk terjual keras jika menemukannya saja sulit?

Karena itu pada zaman digital saat ini mudah untuk menampilkan produk ke hadapan pasar sasaran, hanya dengan memposting produk kita, lalu konsumen akan menemukannya baik yang sengaja mencarinya maupun tidak. 

Namun tentunya pada masa kini persaingan pasar menjadi sangat besar.


Promotion (Promosi)

Promosi dalam manajemen pemasaran merupakan elemen yang paling berperan. 

Karena salah satu misi dari marketing mix 4p ialah memperkenalkan produk kita, kemudian merayu konsumen untuk membelinya.

Promosi yang tepat sasaran akan meningkatkan nilai produk dimata konsumen dan memunculkan keinginan konsumen untuk memperoleh produk tersebut.

Adapun hal-hal yang perlu seorang pemasar perhatikan dalam melakukan promosi antara lain seperti penentuan pasar sasaran, pemilihan media promosi, budgeting dan menentukan tujuan promosi serta mengukur efektifitasnya.

Demikianlah pembahasan mengenai marketing mix 4p. Semoga bermanfaat bagi sobat semua, sampai jumpa pada artikel lainnya.


Post a Comment for "Manajemen Pemasaran 4P : Tujuan dan Elemen Penting lainnya"