Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Promosi Dalam Manajemen Pemasaran : Defenisi serta Tujuannya

Promosi Dalam Manajemen Pemasaran
Promosi dalam manajemen pemasaran merupakan elemen yang sangat penting.

Bahkan promosi merupakan salah satu variable yang terdapat dalam bauran pemasaran atau yang biasa kita kenal dengan marketing mix.

Lalu seperti apakah promosi itu? Apakah defenisi promosi? Dan apa tujuan dilakukannya suatu promosi? 

Untuk memahami mengenai promosi, silahkan sobat simak artikel berikut ini.

Defenisi Promosi

Dalam dunia marketing, promosi ialah satu aktivitas untuk menciptakan suatu peningkatan value produk, baik dari segi merek, kualitas produk, kemasan dll.

Promosi merupakan aktivitas yang sangat umum bagi beberapa pemasar untuk dapat memberi info yang berkaitan dengan satu produk dan menggerakkan calon customer supaya ingin melakukan pembelian barang atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Aktivitas promosi ini biasanya akan menyatukan beberapa wujud promo, seperti advertising, potongan harga, atau kaos pembagian marcandise. 

Promosi dilakukan diberbagai kalangan sektor penjualan, misalnya dalam manajemen pemasaran ritel.


Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Harper Boyd

Boyd menerangkan jika promo ialah satu usaha guna merayu orang untuk menyambut baik suatu produk atau ide.

Philip Kotler

Kotler berasumsi jika promo merupakan elemen dan proses dari suatu taktik marketing sebagai wujud interaksi dengan pasar sasaran lewat formasi bauran pemasaran.

Fandy Tjiptono

Menurut Fandy Tjiptono, promo adalah wujud interaksi marketing untuk menebarkan info, memengaruhi, merayu, atau menaikkan target pasar atas suatu produknya supaya orang dapat menerimaprouk tersebut.


Tujuan Promosi

  1. Mengubah pemikiran dan perilaku konsumen pada sebuah produk.
  2. Konsumen yang awalnya tidak berminat untuk memiliki suatu produk, bisa saja terpengaruh dan mengubah keputusannya sehingga ingin memperoleh produk, sesudah menyaksikan promosi terhadap produk tersebut.
  3. Membangun brand image dalam benak konsumen sesuai dengan harapan pemasar.
  4. Melakukan persaingan dengan kompetitor. Hal ini merupakan tujuan promosi yang sangat penting. Saat ada beberapa kompetitor bermunculan pada pasar yang sama, tawaran promosi akan menolong kita untuk mempertahankan market yang ada, atau yang lebih baik lagi memperluas market kita.
  5. Peningkatan profit. Seperti pada poin ketiga, melakukan promosi dapat berimbas pada meluasnya pangsa pasar, sehingga tentunya mencapai peningkatan profit yangmana merupakan tujuan utama perusahaan.
  6. Menjaring calon konsumen. Promosi tak hanya berlaku untuk konsumen yang telah ada, akan tetapi selalu ada target pasar baru karena luasnya dan bertumbuhnya suatu pasar. Dengan melakukan promosi, seorang konsumen yang sebelumnya tidak mengenal produk kita akan menjadi pelanggan apabila seorang kita berhasil mengenalkannya dan menciptakan penjualan.
  7. Penyebaran info. Ini merupakan tujuan dari seorang pemasar dalam melakukan promo sebuah merek. Dengan mempromosikan brandnya, seorang pemasar sudah menyebarkan info jika ada merek atau produk pada bagian tertentu. Pada promo itu, pemasar memberi penawaran yang menarik hingga promo sukses. Tanpa promo, bisa jadi tidak pernah ada konsumen yang mengenali suatu brand atau produk.

Demikianlah artikel mengenai promosi, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Post a Comment for "Promosi Dalam Manajemen Pemasaran : Defenisi serta Tujuannya "