Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Manajemen Pemasaran : Definisi dan Fungsinya

Pelatihan Manajemen Pemasaran
Pelatihan Manajemen Pemasaran - Banyak riset manajemen pemasaran membuktikan bahwa dengan mengadakan pelatihan terhadap karyawan pemasaran pada sebuah perusahaan meningkatkan profit perusahaan tersebut.

Akan tetapi perlunya keikutsertaan pelatihan pemasaran tentunya tak hanya terbatas pada karyawan perusahaan saja.

Melainkan juga bagi kalangan industri kecil sehingga menambah wawasan dan menciptakan pemasar yang siap menghadapi pasar sasarannya.

Lantas apakah itu pelatihan manajemen pemasaran? Untuk memahaminya silahkan sobat simak artkel berikut ini.

Defenisi Pelatihan Manajemen Pemasaran

Pelatihan manajemen pemasaran merupakan suatu rangkaian giatan yang berlangsung guna mengenalkan kepada peserta pelatihan mengenai prinsip dan dasar-dasar pemasaran.

Adapun materi yang akan muncul pada sesi pelatihan tergantung kepada pihak penyelenggara pelatihan.

Namun pada umumnya materi pelatihan tersebut antara lain membahas mengenai analisa pasar, perilaku konsumen, design marketing mix, segmentasi pasar, design produk dll.

Berjalannya  proses pelatihan ini akan mengarah pada deskripsi menenai bagaimana suatu bisnis berusaha meraih target marketing mereka dengan sejumlah upaya strategi marketing dan pemanfaatan sumber daya yang ada.

Materi lainnya tentang manajemen pemasaran yang kemungkinan akan dipelajari pada pelatihan manajemen pemasaran antara lain :

  • Esensi marketing
  • Konsep dasar pemasaran
  • Pembagian pasar
  • Pasar sasaran
  • Penempatan pasar
  • Marketing strategy
  • Rencana pemasaran
  • Marketing Research
  • Analitis market oportunity
  • Market controling
  • Kepuasan konsumen, dsb.


Fungsi Training Management Marketing untuk Industri

Pada periode saat ini pasar menuntut bisnis atau eksekutor industry.baik kecil maupun menengah untuk dapat beradaptasi dan mengikut keperluannya.

Ketertinggalan dalam memantau keperluan pasar, kehadiran beberapa kompetitor, minimnya kenaikan dan peningkatan value produk merupakan unsur yang kerap kali menjadi pemicu ketidakberhasilan beberapa pelaksana industri kecil pada masa kini.

Terlebih dengan kecanggihan teknologi pada masa kini memudahkan konsumen untuk memperoleh info dan menganalisa produk, sehingga menciptakan konsumen yang kritis.

Karena itulah perusahaan harus dapat menciptakan strategi dalam waktu yang singkat untuk sesegera mungkin menciptakan inovasi baru guna menggaet konsumen dalam peperangan pemasaran pada masa sekarang ini.

Menciptakan trik-trik pemasaran tersebut merupakan fungsi dari terbentuknya suatu Training Management Marketing, agar perusaan dapat meraih tujuannya. 

Pelatihan manajemen pemasaran penting terutama bagi karyawan departemen pemasaran dalam sebuah perusahaan, karena banyaknya pemasar yang minim akan pengetahuan tentang strategi dalam bidang pemasaran.

Hal fundamental yang penting untuk seorang pemasar kuasai ialah mencakup pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan kemahiran (ability) management marketing.

Contoh simpel yang umumnya jadi masalah untuk industri-industri kecil dalam permasalahan management marketing seperti produknya belum mempunyai packaging  yang memikat yaitu label dan merk.

Kemudian penetapan harga atas produk yang belum sesuai sehingga belum mendatangkan profit.

Selanjutnya channel distribusi belum sanggup mendistibusikan dalam jumlah besar.

Singkatnya penting untuk kemudian menguasai strategi manajemen pemasaran 4p (product, price, place, promotion), atau yang dikenal dengan istilah marketing mix.

Selanjutnya apa yang perlu perusahaan atau pemasar lakukan untuk menangani masalah fundamental itu?

Cara yang kemungkinan bisa perusahaan lakukan untuk menangani persoalan ini, ialah dengan cara manajemen pemasaran perusahaan menjadwalkan satu program Training Management Marketing.

Karena dengan mengadakan program training marketing, pemasar dapat memperoleh pengetahuan secara fundamental mengenai taktik marketing.

Apakah itu management marketing dan bagaimanakah cara mengimplementasikannya?

Hingga dengan pengetahuan yang peserta peroleh dalam program training itu, peserta bisa membuat satu cara tepat agar bisa meningkatkan produksi produk dan pemasaran pada perusahaannya.

Demikianlah penjelasan mengenai pelatihan manajemen pemasaran. Terimkasih sobat telah membaca artikel ini sampai jumpa pada artikel lainnya.


Post a Comment for "Pelatihan Manajemen Pemasaran : Definisi dan Fungsinya"