Manajemen Pemasaran Abad 21 Beserta Pengertiannya
Manajemen Pemasaran Abad 21 - Sobat, seiring berjalannya waktu banyak perubahan yang terjadi dalam segala aspek. Tentunya perkembangan juga tak luput dari aspek manajemen pemasaran.
Perubahan zaman kemudian menciptakan konsep-konsep baru
dalam bidang ekonomi terutama dalam hal pemasaran produk dan jasa.
Apa sajakah yang membedakan manajemen pemasaran abad 21
dengan yang sebelumya? Silahkan simak artikel berikut ini.
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran berrmula pada pertengahan tahun 1950 an.
Pada masa itu prinsip dalam berbisnis sangat sederhana yaitu 'membuat dan
memperdagangkan', yang mana seiring berjalannya waktu kemudian berubah menjadi
'pahami dan tanggapi'.
Pada prinsip pertama, bisnis berorientasi kepada menjual produk saja. Sementara prinsip yang kedua berorientasi pada kepuasan dan pemenuhan ekspektasi konsumen.
Tanggung jawab dalam manajemen pemasaran tak hanya menemukan konsumen yang loyal, akan tetapi mempertahankan dan meningkatkan kualitas value produk demi konsumen loyal tadi.
Konsep pemasaran berprinsip bahwa untuk menciptakan konsumen yang loyal ialah, harus selalu menjadi lebih baik dari kompetitor.
Manajemen pemasaran abad 21 (Teori Ekonomi Modern)
Untuk mendalami konsep dan teori marketing abad ke 21, sobat perlu memahami perubahan marketing dalam cakupan ilmu ekonomi.
Pada era 21 ini
ada sebuah ide ekonomi modern yang berimbas dari adanya pengembangan dan peningkatan tehnologi.
Dalam memahami teori ekonomi modern, penting untuk sobat memahami karakter dari
konsep ekonomi lama.
Revolusi industri merupakan awal mula tercetusnya ekonomi lama yang berkonsentrasi pada produksi masal produk (produksi dalam jumlah besar).
Produk massal ini penting untuk memangkas anggaran dan memberikan kepuasan kepada konsumen, karena kenaikan produksi menyebabkan produsen mudah memasarakannya pada berbagai tempat dan konsumen mudah menemukan produk tersebu.
Hal ini tentunya menyenangkan bagi konsumen
yang mudah menemukan produk dan menciptakan konsumen loyal karena mudahnya
melakukan pembelian ulang.
Sebaliknya, pada konsep ekonomi modern perusahaan dapat mengamati daya beli konsumen kapan saja berkat kecanggihan tekhnologi.
Konsumen pun dapat mengakses berbagai informasi tentang produk tersebut. Hal ini memiliki kelebihan yaitu target pasar yang lebih akurat dan biaya promosi yang lebih rendah karena pasar tertarget dengan baik.
Kemudian segala hal seperti informasi
ataupun produk itu sendiri bisa menjadi sangat mudah dan cepat sampai kepada konsumen.
Kemampuan Baru Konsumen
Ragam barang dan jasa yang lebih banyak
Pada abad ke 21, konsumen dimanjakan dengan banyaknya pilihan produk dan jasa yang perusahaan tawarkan.
Hal ini terjadi karena
mudahnya perusahaan membaca data akan permintaan atau produk seperti apa yang menjadi
ekspektasi konsumen, sehingga bermunculan ide-ide baru tentang produk yang akan
konsumen minati.
Tak heran jika perubahan yang terus terjadi ini menuntut banyaknya pelatihan manajemen pemasaran bagi para pelaku pemasaran untuk meningkatkan skill mereka.
Meningkatnya daya beli
Untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang terkait,
konsumen hanya perlu melihat dari rumah saja melalui gawai mereka, seperti
perbandingan harga dengan produk sejenis ataupun mengenai spesifikasi produk.
Bahkan untuk melakukan pembelian pada saat ini cukup dengan mengklik satu kali saja, setelah itu barang akan segera tiba kerumah mereka.
Tentunya kemudahan ini sangat
menyenangkan dan menimbulkan gaya hidup gemar berbelanja bagi banyak orang.
Kemudahan mengakses informasi
Selain dengan mudah mendapatkan informasi dengan cara membandingkan atau membaca spesifikasi produk, informasi juga bisa diperoleh dari lingkungan social media.
Misalnya ada produk yang memiliki review yang sangat baik atau sebaliknya sangat buruk.
Sehingga mempermudah konsumen untuk memutuskan manakah produk yang layak dibeli atau justru dihindari.
Hal ini juga membuat produsen
berhati-hati dalam menciptakan produk mereka, tentunya karena konsumen yang
makin cerdas dan kritis.
Demikianlah perbedaan yang sangat besar dari waktu ke waktu. Zaman yang terus berubah tentunya menciptakan perubahan-perubahan pula pada strategi manajemen pemasaran abad 21.
Terimakasih sobat telah membaca artikel ini,
sampai jumpa pada artikel lainnya.
Post a Comment for "Manajemen Pemasaran Abad 21 Beserta Pengertiannya"